Bupati Agas Andreas: Koperasi Terbukti Beri Dampak Positif Bagi Kesejahteraan Masyarakat

Kehadiran koperasi dalam kehidupan masyarakat terbukti sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Karenanya Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur memberikan perhatian dan dukungan penuh  terhadap perkembangan koperasi di daerah ini. Dalam lima tahun ke depan, pemberdayaan koperasi akan dilaksanakan melalui berbagai kebijakan untuk meningkatkan daya saing Koperasi.

Ungkap Bupati Agas Andreas, SH,M.Hum dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan akuntansi koperasi sektoral rill dan non fisik PK2UKM tingkat kabupaten Manggarai Timur tahun 2019.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung di Hotel embun pagi, Cepi Watu Borong. Selasa, (26/11/2019). Peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak  33 orang, perwakilan dari  11 koperasi sektor riil di wilayah Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Kata Bupati Agas, kebijakan-kebijakan tersebut diantaranya mencakup upaya-upaya peningkatan kapasitas dan kinerja usaha koperasi.

Hal ini, jelasnya, sejalan dengan Misi ke dua yaitu mengembangkan ekonomi unggulan berbasis pertanian organik, pariwisata berbasis masyarakat, koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ungkapnya

"Kita sadari bahwa kondisi koperasi di Kabupaten Manggarai Timur khususnya koperasi-koperasi yang bergerak di sektor rill seperti Koperasi Produsen dan Konsumen masih belum menunjukan kemajuan yang signifikan baik dari segi kelembagaan maupun tingkat produktivitas usaha.

Untuk itu, lanjutnya,  Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur menerapkan kebijakan pengembangan koperasi segi tiga untuk mendorong perkembangan dan kemajuan koperasi yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Kata dia, kebijakan koperasi segi tiga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan tiga pilar koperasi di Kabupaten Manggarai Timur yaitu Koperasi Produsen, Koperasi Konsumen dan Koperasi Simpan Pinjam.

"Diharapkan tiga pilar koperasi ini akan mendorong meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur", harap Bupati Agas

Dijelaskannya, pelatihan akuntansi koperasi sektor rill yang kita selenggarakan pada hari ini merupakan salah satu hal mendasar untuk meningkatkan SDM pengurus dan pengelola koperasi khususnya koperasi yang bergerak disektor rill, baik dari segi keterampilan, pengetahuan maupun teknis.

Sehingga, tambahnya,  pengurus atau pengelola dapat mengerjakan pembukuan akuntansi koperasi sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan dapat menyajikan laporan keuangan dengan baik dan berdampak pada pelaksanaan RAT yang dilaksanakan tepat waktu.

"Saya minta kepada seluruh peserta pelatihan, untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik. Semoga ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan dalam mengemban tugas sebagai seorang pengurus atau pengelola koperasi", tutup Bupati Agas

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak Selasa, (26/11/2019) hingga Kamis (28/11/2019). Adapun narasumbernya dalam kegiatan ini diantaranya,  Bupati Matim, Dinas Koperasi, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT. (KR-1)

 

Print Email

LOKASI KAMI :